Langsung ke konten utama

BOLA KECIL

BOLA KECIL
Bulu tangkis adalah suatu permainan menggunakan bola kecil  yang dimainkan oleh dua orang / regu di dalam maupun luar lapangan, diatas lapangan yang dibatasi dengan garis. Jenis permainan ini bertujuan untuk mencari nilai / angka tertentu dengan cara memasukkan bola ke lapangan lawan dengan raket dan mengembalikan bola ke lapangan lawan   untuk mendapatkan nilai dengan aturan-aturan tertentu (raket, net, bola, lapangan, pemain, kostum, peraturan permainan, service,  game / babak). Alat yang digunakan untuk memukul bola disebut raket dan bolanya disebut”shutlecock”.
  1. Sejarah singkat permainan bulutangkis
Permainan ini berasal dari India “Poona” . Lalu dibawa ke Inggris dan dikembangkan disana. Tahun 1873 permainan ini dimainkan di Istana Duke de Beaufort di Badminton Gloucerter Shire. Sehingga permainan ini disebut Badminton. Pada abad 18 permainan ini berkembang pesat di dunia. Sementara di Eropa yang paling menonjol berkembang di Inggris. Sehingga   Inggrislah yang menciptakan peraturan – peraturan ini. Tanggal 5 Juli  1934 terbentuk IBF (International badminton Federation). Kejuaraan dunia beregu pertama diadakan tahun 1948 / Piala Thomas. Sedangkan Piala Uber tahun 1956. Untuk beregu campuran diadakan tahun 1989 / piala Sudirman.
Di Indonesia PBSI terbentuk tanggal 5 Mei 1951. tahun 1953 masuk IBF.
  1. Perlengkapan dan fasilitas
    1. Raket dengan senarnya
    2. Shuttlecock / bola
    3. Lapangan
    4. Teknik dasar
Untuk dapat bermain dengan baik yang harus dikuasai terlebih dahulu adalah teknik dasar yaitu :
  1. Cara memegang raket
Cara ini bermacam-macam tergantung kebutuhan untuk teknik apa : smash, service, backhand, lob dll.
  1. Gerakan pergelangan tangan
Dituntut pergelangan tangan yang kuat, lentuk untuk menghasilkan pukulan yang baik.
  1. Langkah kaki / footwork
Kaki yang lincah, kuat, sangat diperlukan. Macam langkah : langkah berurutan, silang, lebar, loncat, kombinasi.
  1. Posisi badan terhadap bola
Yang paling menentukan adalah langkah kaki untuk menyesuaikan dengan bola yang datangnya dari segala arah yang berbeda : atas, bawah, samping dll.
  1. Waktu (timing) yang tepat
Yang sangat diperlukan dalam hal ini adalah kecepatan, ketepatan, footwork, koordinasi, kekuatan anggota tubuh. Terutama tangan dan kaki.
  1. Teknik pukulan
1)    Pukulan service : service pendek, panjang, service drive, service cambuk
2)    Pukulan lob / clear yaitu pukulan bola dalam bulutangkis yang dilakukan dengan tujuan untuk menerbangkan shutlecock setinggi mungkin mengarah jauh ke belakang garis lapangan.
Ada dua macam lob : overhead lob dan underhand lob.
3)    Pukulan dropshot yaitu pukulan yang tepat melalui atas jaring dan jatuh sedekat mungkin dengan net sisi lapangan lawan.
Macamnya :
☺     Dropshot dari atas     : drop penuh, drop potong, drop dicambuk.
☺     Dropshot dari bawah
4)    Pukulan smash
Macam pukulan smash :
☺     Smash penuh
☺     Smash potong / silang
☺     Smash melingkar
☺     Smash flick / cambukan
☺     Smash backhand
5)    Pukulan drive / mendatar
Yaitu pukulan yang dilakukan dengan menerbangkan shutlecock secara mendatar, ketinggiannya menyusur diatas net dan penerbangannya sejajar dengan lantai. Biasanya dilakukan sedikit lebih tinggi diatas pinggang dan berada disamping badan.
Kegunaan dan arah dari pukulan drive :
☺     Drive panjang , yaitu pukulan drive yang  dihasilkan dengan mengarahkan shutlecock daerah belakang lapangan lawan dan gunanya untuk mendesak posisi lawan agar tertekan ke belakang.
☺     Drive setengah lapangan, yaitu pukulan yang dihasilkan dengan tujuan menjatuhkan shutlecock kearah tengah bagian samping dari lapangan lawan dan kegunaannya untuk menarik lawan agar tertarik ke samping tengah, sehingga posisi dapat tergoyahkan dan untuk diadakan tekanan lagi yang lebih kuat.
☺     Drive pendek, yaitu pukulan yang dilakukan dengan mengarahkan supaya shutlecock jatuh sedekat mungkin dengan net di daerah lawan.
6)    Pukulan / permainan net
Prinsip permainan net yaitu : bola harus diambil diatas / setinggi mungkin, lambungan bola harus serendah mungkin dengan net, jatuhnya bola harus serapat mungkin dengan net, bola harus diambil sewaktu masih diatas, karena bila diambil setelah bola dibawah akan memperlambat tempo permainan dan dapat memberikan kesempatan lawan lebih siap untuk maju.
  1. Tenis meja
  1. Pengertian  tenis meja
Tenis meja adalah suatu permainan menggunakan bola kecil  yang dimainkan oleh dua orang / regu di dalam maupun luar lapangan, diatas meja yang dibatasi dengan garis. Jenis permainan ini bertujuan untuk mencari nilai / angka tertentu dengan cara memasukkan bola ke meja lawan dengan raket yang dilapisi dengan karet dan mengembalikan bola ke lapangan lawan untuk mendapatkan nilai dengan aturan-aturan tertentu (raket, net, bola, meja, pemain, kostum, peraturan permainan, service,  game / babak). Permainan ini mempunyai keunikan antara lain :
  1. a. Penggunaan lapisan bat / raket terdiri dari macam-macam karet yang menghasilkan pantulan yang beragam.
  2. b. Cara memegang bat / raket yang bermacam-macam.
  3. c. Seringkali dalam memukul bola lawan tidak melihat pukulannya. Karena bola dipukul dibawah meja.
  4. d. Kadang kala pukulannya sama, tapi putaran bolanya berbeda.
  1. Sejarah singkat permainan tenis meja
  2. Hasil gambar untuk PERMAINAN BOLA KECIL
Tenis meja berasal dari Eropa (Inggris). ITTF (International Teble Tenis Federation) berdiri sejak 15 Januari 1926 atas prakarsa Dr. G. Lehman dari Jerman. Di Indonesia permainan ini dibawa Belanda. Organisasi tenis meja di Indonesia (PTMSI) berdiri tahun 1951.
  1. Peraturan permainan tenis meja
  1. Service yang benar
1).   Saat mulai, bola diam bebas di permukaan tangan dari tangan bebas, di belakang garis akhir, dan minimal sejajar permukaan meja.
2).   Bola dilambungkan keatas tanpa putaran kira-kira 15 cm, turun tanpa menyentuh sesuatu baru dipukul.
3).   Bola dipukul sehingga menyentuh meja permainannya, melewati net dan memantul / menyentuh net meja lawan dan baru dipukul oleh lawan. Pada permainan ganda bola harus memantul dengan silang pada awal service bagi server dan receiver secara berturutan.
4).   Mulai service hingga dipukul, bola harus diatas permukaan meja tanpa terhalang badan atau bagian lain / pasangannya.
  1. Pengembalian yang benar
Seteleh diservice / dikembalikan harus dipukul melewati net dan menyentuh meja lawan, baik langsung maupun setelah menyentuh net.
  1. Point / skor angka
1).   Pemain mendapatkan poin jika :
(a).  Lawan gagal melakukan service yang benar
(b).  Kawannya gagal mengembalikan bola dengan benar
(c).  Sebelum bola dipukul lawannya, bola menyentuh benda selain net, setelah ia  melakukan service / pengembalian bola dengan benar.
(d).  Seletalah bola dipukul lawannya, bola berada diluar permukaan meja tanpa  menyentuh mejanya.
2).   Bola yang dipukul  oleh lawannya terhalang atau tertahan
3).   Lawan memukul bola dua kali berturut-turut.
4).   Lawan memukul bola dengan sisi daun raket yang tidak tertutupi plastik
5).   Lawan / apa saja yang dipakainya menggerakkan meja
6).   Lawan / apa saja yang dipakainya menyentuh net
7).   Tangan bebas lawannya menyentuh permukaan meja
8).   Dalam ganda : lawan memukul bola selain dari urutannya
  1. Teknik dasar permainan tenis meja.
  1. Teknik memegang bet (grip) macamnya :
1).   Pegangan seperti jabat tangan
2).   Pegangan seperti memegang tangkai pena. Cara ini hanya menggunakan satu sisi.
  1. Teknik sikap awal
1).   Square stance yaitu posisi badan menghadap penuh ke meja.
2).   Side stance  yaitu posisi badan menyamping meja.
  1. Teknik gerakan kaki / footwork
Gerakan kaki untuk pemain tunggal dan ganda berbeda. Prinsipnya kaki harus lincah, luwes, menguasai medan untuk lari mengejar / mengembalikan bola ke segala arah dengan efektif dan efisien.
  1. Teknik pukulan / stroke : push, drive, block, chop, service.
1).   Push
Adalah teknik memukul bola dengan mendorong dan sikap bet terbuka. Push digunakan untuk mengembalikan pukulan push dan chop.
2).   Drive
Yaitu pukulan yang dilakukan dengan gerakan bet dari bawah serong ke atas dan sikap bet tertutup.
3).   Block
Yaitu teknik memukul bola dengan gerakan menghentikan atau membendung bola dengan sikap bet tertutup.
4).   Chop
Adalah teknik memukul  bola dengan gerakan seperti menebang pohon dengan kapak atau disebut gerakan membacok.
5).   Service
Adalah teknik memukul bola untuk menyajikan bola pertama ke dalam permainan dengan cara memukul terlebih dahulu bola tersebut  memantul ke meja sendiri dan melewati net dan akhirnya memantul di meja law.

Permainan Tenis meja merupakan permainan yang menggunakan Badge sebagai alat pemukul, bola ping pong dan meja untuk bermain. Permainan ini dimaikan oleh dua orang untuk kategori tunggal dan empat orang untuk kategori ganda. Olahraga ini mempunyai nama resmi yaitu bola ping pong.
Di Indonesia olahraga tenis meja mempunyai Induk yaitu PTMSI (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia), sedangkan untuk Induk tenis meja tingkat dunia adalah ITTF International Table Tennis Federation). Indonesia tergabung dalam ITTF sejak tahun 1961.

2. Bulu Tangkis
Permainan Bulu tangkis merupakan suatu permainan yang setiap pemainnya menggunakan sebuah raket. Dalam permainan ini dipergunakan sebuah kok (shuttlecock) sebagai pengganti bola yang dipukul secara bergantian oleh setiap regu yang sedang bertanding. Teknik dasar memukul bola dalam permainan bulu tangkis adalah pukulan servis, pukulan lob, drive, netting, smes, dan dropshort.


Hasil gambar untuk PERMAINAN BOLA KECIL
3. Kasti
Kasti adalah suatu olahraga permainan yang dilakukan secara beregu,yaitu dimainkan oleh dua regu. Setiap regu terdiri dari 12 pemain, permainan kasti ini dimainkan di lapangan yang mempunyai bentuk empat persegi panjang yang dibatasi oleh garis batas dengan lebar garis yaitu 5 cm atau menggunakan tali tambang. Permainan ini menggunakan bola kasti dan kayu pemukul sebagai alat permainan.
Hasil gambar untuk PERMAINAN BOLA KECIL
4.Golf
Golf merupakan permainan yang dilakukan diluar ruangan, permainan ini dapat dilakukan secara perorangan atau tim. Tujuan Permainan Golf adalah berlomba untuk memasukkan bola ke dalam lubang-lubang yang sudah ada di lapangan. Pemenang permainan golf ini adalah yang memasukkan bola dengan jumlah pukulan paling sedikit. Pada permainan ini bola golf dipukul dengan satu set tongkat pemukul yang disebut klab (stik golf).
Gambar terkait


5. Kriket

Gambar terkait

6.kipers Kipers


Gambar terkait
7. Softball


Hasil gambar untuk softball

8. Baseball.



Gambar terkait   
SEKIAN DULU YA ;)

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGENAL MAKANAN TRADISIONAL CIAMIS

ASSALAMUALAIKUM.... Hai teman-teman ada kilasan seputar makanan tradisional nih...    Bagi kalian ANAK JAMAN NOW wajib tahu nih makanan tradisional khas Ciamis nich....   Sesuai dengan judul "MENGENAL MAKANAN TRADISIONAL CIAMIS" yaps....kenapa aku pilih judul itu? karena aku tinggal di Cimis Jawa Barat.Disekitar daerah ku masih dapat ditemukan  makanan atau jajanan tradisional yang dulu banget...      Meski makanan tradisional tapi makanan tradisonal ini enakkk....bangets dalam bahasa sunda (NGEUNAH PISAN EUY),dan murah bangets...terutama ramah  dikantong siswa/pelajar. Beberapa makanan/jajanan tradisional khas Ciamis diantaranya nih :                                    1.Kue Serabi Jaman Dulu dengan Tampilan dan Rasa Kekinian                                           2. Awug Gurih dengan Lelehan Gula merah Manis...  3. Pecel Yang bikin Lidah Bergoyang

MATERI OR

Materi Atletik, Nomor Lari dan Lompat Kali ini saya akan menampilkan materi olahraga khususnya teori tentang atletik. walaupun materi ini bisa kita dapatkan dari buku tentang olahraga tetapi tidak ada salahnya jika lewat media ini ditampilkan kembali dengan harapkan akan menambah perbendaharaan bahan ajar bagi mata pelajaran penjasorkes. Mengetahui materi cabang atletik khususnya nomor lari dan lompat silahkan lihat di bawah ini Sejarah: Atletik merupakan olahraga yang tertua. Sejak jaman prasejarah manusia sudah mengenal lari. berburu, lempar lembing dan lain-lain. Olahraga atletik berkembang menjadi cabang olahraga lainnya sehingga atletik disebut  mother of sport , yaitu ibu dari segala cabang olahraga lainnya.Pada Zaman Yunani kuno Atletik diadakan dengan tujuan mencari orang yang terkuat, tercepat dan tertinggi (portius, altius ,dan sitius) atletik diperlombakan di olimpiade modern tahun 1896 di kota Athena Yunani. Sedangkan di Indonesia atletik diperlombakan pertama kali p